Jalan Utama Beruas Delapan
Jalan Utama Beruas Delapan
Jalan Utama Beruas Delapan yang akan membawa kita ke jalan menuju lenyapnya penderitaan, yaitu:
A. Panna :
1. Pengertian Benar (Samma-ditthi)
* Menembus arti dari Empat Kesunyataan Mulia, Hukum Tilakkhana (Tiga Corak Umum), Hukum Paticca-Samuppada, Hukum Kamma.
2. Pikiran Benar (Samma-sankappa)
* adalah :
a. Pikiran yang terbebas dari nafsu-nafsu keduniawian (Nekkhamma-sankappa)
b. Pikiran yang terbebas dari kebencian (Avyapada-sankappa)
c. Pikiran yang terbebas dari kekejaman (Avihimsa-sankappa)
B. Sila :
3. Ucapan Benar (Samma-vaca)
* Suatu ucapan dinamakan ucapan benar, jika dapat memenuhi empat syarat dibawah ini:
a. Ucapan itu benar
b. Ucapan itu beralasan
c. Ucapan itu berfaedah
d. Ucapan itu tepat pada waktunya.
4. Perbuatan Benar (Samma-kammanta)
A. Menghindari pembunuhan.
B. Menghindari pencurian
C. Menghindari perbuatan asusila.
5. Pencaharian Benar (Samma-ajiva)
Lima Mata pencaharian salah yang harus dihindari yaitu:
a. Penipuan
b. Ketidaksetiaan
c. Penujuman
d. Kecurangan
e. Memungut bunga yang tinggi , contoh lintah darat.
Selain itu, seorang siswa Buddha hendaknya menghindari lima macam
perdagangan, yaitu :
a. Berdagang alat senjata.
b. Berdagang makhluk hidup
c. Berdagang daging (atau segala sesuatu yang berasal dari penganiayaan mahkluk-makhluk hidup).
d. Berdagang minum-minuman yang memabukkan atau yang dapat menimbulkan ketagihan.
e. Berdagang racun.
C. Samadhi:
6. Daya Upaya Benar (Samma-vayama)
a. Dengan sekuat tenaga mencegah munculnya unsur-unsur jahat dan tidak baik
di dalam batin.
b. Dengan sekuat tenaga berusaha untuk memusnahkan unsur-unsur jahat dan tidak baik yang sudah ada di dalam batin.
c. Dengan sekuat tenaga berusaha untuk membangkitkan unsur-unsur baik dan sehat di dalam batin.
d. Berusaha keras untuk mempernyata, mengembangkan dan memperkuat unsur-unsur baik dan sehat yang sudah ada di dalam batin.
7. Perhatian Benar (Samma-sati)
Samma-sati terdiri dari latihan-latihan Vipassana Bhavana (meditasi untuk memperoleh pandangan terang tentang hidup), yaitu:
a. Kaya - nupassana = perenungan terhadap tubuh
b. Vedana – nupassana = perenungan terhadap perasaan
c. Citta – nupassana = perenungan terhadap kesadaran
d. Dharma – nupassana = perenungan terhadap bentuk-bentuk pikiran
8. Konsentrasi Benar (Samma-samadhi)
Latihan meditasi benar – mencapai Jhana.
· Kotoran batin (Asava), dapat dibagi menjadi 3 (tiga) golongan besar, yaitu:
1. Kilesa = Kekotoran batin yang kasar dan dapat dilihat atau didengar dengan jelas.
+ Kilesa dapat dilenyapkan dengan menjalankan Sila (Memiliki ucapan benar, perbuatan benar dan pencaharian yang benar).
2. Nivarana = Kekekotoran batin yang agak halus, yang agak sukar diketahui.
+ Nivarana dapat dilenyapkan dengan menjalankan Samadhi (Daya Upaya Benar, Perharian Benar dan Konsentrasi Benar).
3. Anusaya = Kekotoran batin yang halus sekali, dan sangat sukar diketahui.
+ Anusaya dapat dilenyapkan dengan memiliki Prajna (Pengertian Benar dan Pikiran Benar)